Ini Jakarta
“ Dinnn, …
dinnn,…dinnn".
Suara porak
poraknda di jalan saat jam-jam sibuk, tetapi tidak hanya itu, benang kusut yang
sulit dibentangkan menjadikan Jakarta sebagai kota yang selalu dilanda
kemacetan puluhan tahun dengan berbagai pemicu
juga faktor.
Kalau yang mamih perhatikan selama kurang lebih 20 tahun
(korupsi umur haha) lahir dan hidup di Jakarta, rutinitas yang terjadi pada
masyarakat Jakarta begitu padat, mimpi akan meraih kesuksesan di Jakarta begitu
tinggi dan tawaran fasilitas makmur hidup di Jakarta juga begitu menggoda.
Alhasil banyak sekali penduduk yang berbodong-bondong tinggal dan mencari
nafkah di pusat kota Indonesia ini. Masyarakat yang penuh warna dan berbaur di
Jakarta menjadikan penduduknya heterogen, berbagai suku juga warga negara asing
yang juga menetap di Jakarta, sama seperti kota lainnya juga sebenarnya tidak
hanya di Ibu Kota ada 2 sisi yang signifikan berbeda, di sisi lain kita melihat
kemewahan dan kenyamanan fasilitas di Kota Jakarta yang modern dan maju, tetapi
miris di sisi lain Jakarta juga tidak terhindar dari kemiskinan atau disebut
dengan istilah “scam city”. (istilah mamih aja sih)
 |
| Kita jadi enggan keluar rumah karena macet |
Kemacetan ohhh noo !!!
Mengerucut
pada problematika kemacetan yang belum usai, mamih melihat dari mata pengalaman
mamih yang mungkin masih terbilang awam, kemacetan Jakarta lebih terjadi dari
berbagai factor antara lain :
·
Masyarakat tidak tertib lalu lintas
o
Pejalan kaki, menyebrang sembarangan, tidak
menggunakan jembatan penyebrangan, melakukan transaksi jual beli yang masih
merupakan badan jalan, naik kendaraan umum bukan di tempat yang disediakan
o
Sepeda motor,
mulai menerobos lampu lalu lintas, stop sembarangan, tidak menggunakan
helm, melalui jalur trasjakarta, melewati trotoar, ini juga mengakibatkan
banyaknya tingkat kecelakaan pengguna sepedsa motor serta makin bertambah padat
tiap harinya tumbuh ribuan kendaraan motor baru yang melintasi Jakarta.
o
Mobil (kendaraan pribadi), dengan alasan belum
nyamannya transportasi massal di Jakarta bukan berarti pemilik mobil juga tidak
bersalah ketikan stu kendaraan hanya berpenumpang 1-2 orang dan juga salah satu
penyumbangan jumlahnya kendaraan di Jakarta. Belum lagi yang masih parker sembarangan
dan berbagai pelanggaran lainnya yang membuat jalanan di Jakarta semakit
merapat padat. Kendaraan pribadi juga bertambah pada saat work office
senin-jumat masyarakat Jabodetabek bertambah sampai dengan 30%.
o
Kendaraan umum, angkot, bus, bemo, bajaj, taksi, angkutan online juga masih banyak yang seenaknya sendiri “ngetem”, menaikan dan menurunkan penumpang
seenaknya, semakin tidak nyaman juga masyarakat menggunakan transportasi umum
dan beralih ke kendaraan pribadi juga menjadikan tingkat individualism di
Jakarta semakin menukik tinggi.
· Mobilitas warga tinggi, sebagai pusat kota dan
banyakknya head office di Jakarta membuat pegawai dan masrakat memiliki
kegiatan yang padat dan selalu wara-wiri dengan mobilitas yang tinggi tidak
hanya di jam berangkat kerja ataupun pulang kerja.
· Tata kota yang masih berantakan, pembangunan kota
Jakarta memang mengesankan dengan berbagai gedung tinggi, hotel, apartemen,
juga mall tetapi belum memikirkan bagaimana laju operasional lalu lintas di
Jakarta jadi semakai padat penduduk yang tinggal di Jakarta dan jalan di
Jakarta menjadi semakin sempit.
Dampak
Kemacetan
Kerugian
kemacetan juga tidak hanya didasarkan kepada warga yang menjadi semakin egois
dan emosional tetapi juga mengakibatkan kerugian ekonomi akibat dan kemacetan
karena pemborosan bahan bakar.
Dari segi
kesehatan juga polusi udara hasil dari kemacetan bisa berpotensi berbagai
penyakit salah satunya kerusakan otak, atau cepat terserang demensia. Polusi
udara yang masuk kedalam dalam otak melalui aliran darahlah yang bisa
menyebabkan demensia. Risiko ini juga bergantung pada jarak pemukiman dengan
lokasi jalan raya.
 |
| Stress memicu penuaan dini |
Kemacetan
juga bisa menghambat keadaan darurat seperti pergerakan ambulan atau mobil
pemadam kebakaran yang melambat akibat adanya kemacetan.
Waktu yang
terbuang akibat kemacetan juga bisa mengakibatkan stress, emosional, beban
kerja yang semakin menumpuk, waktu keluarga semakin berkurang, hidup yang
kurang harmonis dan jauh dari bahagia. Dampak buruk tersebut tentu saja dirasakan
oleh banyak penduduk Jakarta, tidak hanya Jakarta tetapi sekitar Jakarta
seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi yang juga merasakan kemacetan Jakarta
harus menempuh jarak sekian jam pergi pagi pulang petang untuk melakukan tugas
dan rutinitas. Kebersaaman bersama keluarga menjadi terancam dan banyak
anak-anak yang tumbuh jauh dari orang tua karena harus berjuang melintasi jarak
tempuh yang panjang.
 |
| Jadi rungsing kalau kena macet |
Karena ini
bukan drama atau mamih melebih-lebihkan walaupun tidak harus tiap hari keluar
sangkar dan mengais rejeki di Jakarta mamih merasakan ketidaknyaman bila harus
pergi ke sekitar Jakarta karena macet dan sudah terbayang ketidaknyamanannya
menjadikan mood semangat jadi menurun.
Berdasarkan
permasalahan yang semakin pelik tentu saja pemerintah tidak tinggal diam. Membangun
keindahan dan kenyamanan kota tidaklah mudah, apalagi dengan jumlah penduduk
dan luas wilayah yang sebetulnya kurang ideal. Pemerintah membenahi angkutan
umum massal seperti KRL, membangun MRT, dan juga LRT. Tidak hanya itu saja
pemerintah juga memiliki kontribusi bertanggung jawab agar bisa meratakan
pembangunan ekonomi disekitar wilayah di Jakarta mengurainya dengan membangun
sarana juga prasarana yang memadai sehingga pembangunan ekonomi di sekitar Jakarta
mengalami peningkatan.
 |
| Nah ini dia salah satu solusinya |
Apa
Solusinya ???
Dari tadi
tulisan mamih seakan terbakar kegalauan karena memang kurang nyaman berkeliaran
di kota Jakarta dengan memakan waktu yang lebih lama, lebih lama pulang kerumah
juga bisa mengurangi waktu bersama keluarga. Padahal bekerja juga yang utama
untuk keluarga dan merasakan “Quality time untuk hidup lebih bahagia” seakan
mimpi.
Menciptakan
waktu berkualitas bersama keluarga seakan sulit, apalagi saat mamih datang ke
JCC kemarin bersama teman-teman dari Blogger Crony hamper semuanya menahan
airmata mereka. Menyadari kurangnya kualitas komunikasi yang baik bersama
keluarga, berubahnya sikap menjadi mudah emosiosional akibat stress kemacetan
dan semuanya mengalaminya merasa berdosa.
 |
| Quality time dengan LRT City |
Bersama
Blogger Crony mamih menghadiri undagan di JCC oleh pengembang property ternama
PT Adhi Karya (Persero) Tbk untuk bersama-sama menggali informasi dan
menyebarkan kabar baik dalam mengurai kemacetan Jakarta. Hadir dalam acara ada Mba
Nuniek Tirta yang merupakan pengusaha juga seorang Ibu yang akan membagi
tipsnya dalam menjaga kualitass waktu bersama keluarga, Psikolog Tika Bisono
dan Setya Adji Pramana yang akan membeberkan bagaimana merapkan waktu yang
berkualitas dengan salah satu solusi kemacetan dan mengubah prilaku menjadi
lebih bersyukur.
 |
| Salah satu hunian LRT City |
Perlu
Tahu dan Penting Pengalaman Mba Nuniek Tirta
Mamih
memang mengikuti media social mba Nuniek dan juga menyukai tulisan di blognya
sektar 2 tahun belakangan, mba Nuniek meruapakan pengusaha yang sudah ngeblog
sekitar 15 tahun dan memiliki pengikut di Instagram sekitar 14k, wow.
Mba
Nuniek merupakan seorang pengusaha yang ulet dan juga ibu dari 2 orang anak dan
mengakui fakta bahwa tingkat kemacetan di Jakarta memang sangat menguras energy
dan merugikan. Selain kerugian ekonomi, kemacetan juga menimbulkan dampak
psikologis bagi masyarakat yang setiap harinya rata-rata menghabiskan waktu
sekitar 5 jam dijalan raya. Stres sampai taraf depresi dapat menghantui
masyarakat Jakarta yang setiap hari harus melalui kemacetan.
Menghantui
mamih juga sebenarnya kalau ada acara dijam sibuk jadi uuuwooww kaki enggan
melangkah, tetapi harus bisa semangat karena kebutuhan hidup yang berliku,”
halaahhhhlll…”. Seakan mau teriak :
“kaaapaann waktuu berkualitas sama keluarga???
” apalagi
“ Kapan
meee time???”.
Bagi Mba
Nuniek, quality time adalah waktu bersama diri sendiri atau orang-orang
terdekat dengan focus tanpa distraksi gadget. “Seperti kalau weekend saya suka
lambat membalas pesan karena seharian focus quality time with family, internet
off,” dijelaskan oleh Mba Nuniek.
Dalam keluarga mba Nuniek juga memiliki
kebiasaan seru nih, seperti saat makan tidak ada gadget kecuali untuk foto
makanan tetapi memposting nanti setelah kebersamaan di meja makan. Untuk me
time mba Nuniek mencuri waktu disela-sela meeting atau event dengan ke café atau
perpustakaan yang menjadi favoritnya.
 |
| Ini Quality Time Mamih dan Babam, cukup dengan jogging salah satunya |
Fakta
Quality Time dan Intervensi Lingkungan
Mba Tika
menjelaskan melihat begitu banyaknya permasalahan dan melihat beban psikologis
yang dialami kaum urban tersebut, Tika melihat bahwa kebutuhan individu akan
sebuah “quality time” adalah sesuatu yang wajib dipenuhi. Kita harus berbahagia
juga memiliki waktu bersama keluarga, pasangan, anak, atau untuk diri sendiri.
Misalnya, kita masih punya waktu untuk jogging seminggu tiga kali, itu bagus
juga untuk kesehatan atau piknik sederhana dengan pasangan dan anak-anak, coba
kita lihat lagi deh list apa saja yang sudah dilakukan bersama keluarga dan
kita lakukan dirumah, Mba Tika mengajak
untuk lebih intens melakukan Quality time.
 |
| Intervensi lingkungan positif |
Mba Tika juga menambahkan bahwa
disitulah mengapa intervensi lingkungan itu penting. Karena lingkungan yang
diintervensi secara positif akan mempengaruhi mahluk hidup, siapapun da yang
ada di lingkungan itu.
Adhi
Karya menjawab dengan hadirkan LRT City
 |
| Yuk ke JCC pilih hunian impian di LRT City |
Pembangunan
sitem transportasi massal seperti LRT, diharapkan mampu mengubah kehidupan
masyarakat yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi beralih ke
transportasi umum. Layaknya sebuah kota megapolitan, Jakarta memerlukan
kawwasan yang dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD),
sebagai solusi kemacetan yang ada.
Masyarakat
diuntungan dengan adanya TOD dengan hunia yang telah terintegrasi dengan
transportasi massal. Konsep TOD menjadi tepat ketika masyarakat memimpikan
konsep penataan kota yang nyaman, terhindar dari macet juga merupakan solusi
jangka panjang. Masyarakat juga bisa mendukung dengan beralih menggunakan
transportasi massal juga bisa memiliki hunian yang strategis dan 0km terhubung
dengan transportasi tersebut.
Proyek LRT City
melalui departemen (Transit Oriented Development) ini nantinya akan
terintegrasi dengan moda transportasi Light Rail Transit (LRT) atau
kereta ringan. Ada enam proyek LRT City menempati area seluas 50 hektar.
Masing-masing di Ciracas seluas 11,5 hektar, Eastern Green Bekasi seluas 16,9
hektar, Royal Sentul Park Bogor seluas 14,8 hektar, Jaticempaka seluas 5,1
hektar, The Boutique Bekasi Barat (0,47 hektar), dan Cikoko 1,2 hektar.
Untuk saat ini,
harga satu unit apartemen di LRT City satu unitnya dibanderol mulai Rp 300
juta. Dengan rincian ada 6 tower untuk satu kawasan yang terintegrasi dengan
stasiun LRT.
Di ajang pameran property IPEX 2017 di JCC Senayan, salah
satu stan yang dicari banyak pengunjung adalah LRT City, akan berlangsung
sampai 20 Agustus 2017. Ada tipe yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan
kebutuhan pembeli, mulai tipe studio, 1 kamar atau 2 kamar tidur. Beberapa lahan yang berlokasi di stasiun LRT Jabodebek dikembangkan menjadi kawasan hunian dan komersial. Ini bisa menjadi solusi agar kaum sub urban bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas, karena terbebas dari problem kemacetan yang semakin bermasalah.
Salah satu yang
mamih suka adalah Pengembangan LRT
City ini sejalan dengan program pemerintah yang membangun sistem transportasi
massal, seperti commuter line, bus Transjakarta, hingga LRT/MRT guna mengatasi
kemacetan di Jabodebek.
 |
| Langsung terhubung LRT |
Coba dipilih yah kalau mamih mau yang mana yah
???
Karena saat ini setidaknya 5 LRT City yang
dibangun Adhi Karya yang terletak dekat stasiun LRT Jabodebek, antara lain LRT
City Bekasi (Eastern green) seluas 16,9 hektare, LRT City Sentul (Royal Sentul
Park) seluas 14,8 hektare, LRT City Jaticempaka (Gateway park) seluas 5
hektare, LRT City Cikoko 1,2 hektare, dan LRT City Ciracas (Urban signature)
seluas 11,5 hektare.
Harganya relatif dengan fasilitas dan kemudahan
yang ditawarkan, coba dilihat tabungannya lagi nih. Apartemen dijual, yaitu
tipe studio ditawarkan senilai Rp360 juta, satu kamar tidur Rp560 juta, dua
kamar tidur Rp890 juta. Sedangkan harga ruko ditawarkan senilai 3 miliar per
unit.
Pengembangan kawasan ini terdiri atas 12 tower
apartemen dengan fasilitas berupa shopping mall, ruko, office tower, plaza/
landscape, family leisure park, pedestrian, bicycle track, culinary street, dan
green connectivity di level 2 dengan lebar 3 m sepanjang 1,3 km yang
menghubungkan antar bangunan.
Beberapa kawasan yang dikembangkan tidak hanya
menargetkan kepada warga menengah keatas juga aka nada kejutan lagi bersama
pemerintah untuk masyarakat luas. dhi
Karya juga bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk memudahkan konsumen mendapat
fasilitas pembiayaan melalui KPA ringan.
"Melalui sinergi BUMN ini, program yang diberikan berupa
bunga rendah sebesar 5,99% p.a. untuk dua tahun pertama dan 6,7% p.a untuk dua
tahun selanjutnya dan proses evaluasi dokumen awal yang lebih ringkas dan
cepat. Uang muka ringan dan bebas biaya KPR," jelas Vice President PT Bank
Mandiri (Persero) Tbk.
 |
| Banyak hadiah menanti |
Di JCC akan ada berbagai kesempatan untuk
memiliki hunian dengan beragam hadiah juga pelayanan terbaik yang akan dibelikan
kepada pembeli. Melihat LRT City begitu banyak yang mneyerbu mamih juga ingin
memiliki 1 unit yang bisa nanti ditempati dan merasakan kenyamanan 0km dengan
LRT yang terhubung dengan kawasan LRT City ini.
 |
| Waktu bersama keluarga sangat berarti |
Impian warga untuk merasakan transportasi yang
nyaman sekaligus hunian yang strategis akan segera terwujud dengan pembangunan
yang dijanjikan tepat waktu. Adapun nanti akan ditempuh dengan waktu hanya 20
menit dari wilayah LRT City Bekasi Timur sampai ke Cawang dengan menggunakan
LRT.
Mendukung pembangunan pemerintah salah satunya
dengan mematuhi tata tertib pengguna jalan juga beralih menggunakan
transportasi massal, karena telah terintegrasi jadi memudahkan masayarakat
untuk melakukan rutinitas dengan mobilitas yang padat.
Mamih sangat senang dengan adanya pembangunan
ini, jadi masyarakat memiliki pilihan dengan kebutuhan yang dapat disesuaikan
dengan memilih wilayah LRT City mana yang sesuai untuk dimiliki yang memiliki fasilitas
yang terbilang efektif. Akan disertai juga sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, taman bermain, pusat olahraga yang memiliki manfaat untuk kualitas hidup yang lebih baik. Menambah saudara juga karena akan ada komunitas Elartizen yang nanti di bentuk bersama.
Waktu bersama keluarga sangatlah berharga,
cobalah untuk diperbaiki dengan memulai komunikasi secara baik dan intens,
perhatian juga kepada pasangan dan yang paling mamih ingin perbaiki adalah
waktu bersama anak yang merupakan kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan.
 |
| Blogger Crony |